CompAddict

Welcome to our blogger...:-)

Tuesday 18 December 2012

Pengertian RAM (Memori)

Pengertian RAM

Oleh : Muhamad Muhaimin Bin Minhad 
           B031210244
           Bachelor of Computer Science
           University Technical Malaysia.

Pengertian RAM adalah sebuah perangkat keras(hardware) yang berfungsi untuk menyimpan data dan arahan program yang akan dan sudah dilaksanakan oleh prosesor. Penyimpanan RAM bersifat sementara,maksudnya setelah komputer dimatikan, RAM akan dikosongkan lalu akan diisi dengan data baru yang diperlukan oleh komputer ketika dinyalakan dan digunakan. Singkatan RAM ialah  Random Access Memory. Berbeza dengan tape magnetik atau disk yang harus diakses secara berurutan, isi dari RAM dapat diakses secara random atau tidak merujuk pada letak datanya. Hal ini yang membuat RAM lebih cepat daripada hard disk atau media penyimpanan yang lain.
pengertian ram
RAM juga disebut sebagai memori utama atau main memory,  memori primer atau primary memory atau memori internal, atau hanya disebut memori, walaupun ada beberapa jenis memori yang terpasang pada komputer tersebut. Fungsi RAM adalah penyokong prosesor dalam pengolahan data dan arahan dimana ia menyimpan data yang akan dan sudah diolah oleh prosesor. Tanpa RAM, sebuah komputer tidak dapat bekerja kerana tidak ada yang menampung input dan output prosesor. RAM dan prosesor harus bekerjasama. Prosesor yang cepat membolehkan RAM yang besar untuk bekerja lebih optimal. Prosesor yang lambat membuatkan RAM yang besar akan menjadi lambat ,meskipun memang ada peningkatan kerja namun tidak signifikan. Untuk itulah ada batasan saiz RAM yang dapat digunakan oleh prosesor. Modul kapasiti RAM dinyatakan dengan bentuk MegaByte(MB), seperti 256 MB, 512 MB, 1 GB, 2 GB dan seterusnya.

Jenis-Jenis RAM

Jenis-jenis RAM antara lain:
  • NV-RAM adalah memori yang digunakan oleh BIOS (Basic Input Output System) untuk menyimpan setting, memori ini memerlukan catu daya supaya simpanannya tidak hilang. Oleh karena itu dalam setiap komputer pasti ada sebuah bateri Lithium kecil yang digunakan sebagai catu daya NV-RAM ini.
  • SRAM (Static Random Access Memory) adalah jenis RAM yang dibuat dari semikonduktor yang tidak memerlukan kapasitor.
  • EDO-RAM (Extended Data Out Random Access Memory) merupakan RAM generasi pertama yang menggantikan FP RAM di CPU. Memori ini mempunyai kapasiti dan kemampuan yang kecil. Jenis RAM ini sudah tidak dihasilkan, Jenis terakhir komputer yang bekerja dengan RAM ini ialah dengan prosesor x86 generasi awal seperti pentium I dan II.
  • DRAM (Dynamic Random Access Memory) merupakan memori semikonduktor yang memerlukan kapasitor sebagai tumpuan untuk menyimpan data yang ada di dalamnya. RAM ini memiliki kecepatan lebih tinggi dari EDO-RAM. Namun lebih rendah dibandingkan dengan SRAM. Dalam strukturnya, DRAM hanya memerlukan satu transistor dan kapasitor per bit, dan memiliki kepadatan sangat tinggi.
  • DDR SDRAM (Double Data Rate Synchronous Dynamic Random Access Memory) adalah pengembangan dari DRAM yang menggunakan sistem transfer data sinkron namun memiliki kecepatan transfer data yang berlipat. Umumnya memori ini hanya disebut sebagai DDR dan memiliki 3 versi, DDR1, DDR2 dan DDR3. Masing-masing yang membedakan adalah masalah kecepatan transfer data dan jumlah PIN yang ada pada kakinya.
Gambar Jenis-Jenis SDRAM

No comments:

Post a Comment